Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS FKIK ULM Periode September 2025
Banjarmasin– Berdasarkan Surat Keputusan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tentang Izin Pembukaan Program Studi Program Spesialis pada Universitas Lambung Mangkurat di Kota Banjarmasin maka Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Lambung Mangkurat membuka penerimaan mahasiswa untuk 8 Program Pendidikan Dokter Spesialis, yaitu:
-
- Pulmonologi (SK KEMENRISTEK No. 230/KPT/I/2016)
- Obstetri dan Ginekologi (SK KEMENRISTEK No. 245/KPT/I/2016)
- Ilmu Bedah (SK KEMENRISTEK 245/KPT/I/2016)
- Ilmu Kesehatan Anak (SK KEMENRISTEK 547/KPT/I/2017)
- Anestesiologi (SK KEMENRISTEK 547/KPT/I/2017)
- Ilmu Penyakit Dalam (SK KEMENRISTEK 132/KPT/I/2018)
- Orthopaedi dan Traumatologi (SK KEMENRISTEK No. 1005/E/O/2023)
- Neurologi (SK KEMENDIKTISAINTEK No. 75/A/O/2025)
Pada tanggal 5 Mei 2025 telah dilaksanakan rapat untuk pembukaan penerimaan mahasiswa baru pada Program Studi Pendidkan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat Periode September 2025 (Semester Ganjil TA. 2025/2026), yang dihadiri Oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua TKP PPDS, Koordinator dan Sekretaris Program Studi, berdasarkan hasil rapat Pembukaan Penerimaan dimulai tanggal 15 Mei s.d. 1 Juli 2025, dan Pendaftaran dilakukan secara online pada laman admisiprofesi.ulm.ac.id/login.
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS FKIK ULM
Pada Program Pendidikan Dokter Spesialis terbagi menjadi 2 jalur penerimaan, antara lain:
-
- Jalur Reguler adalah Jalur seleksi melalui Tes dengan mengutamakan kemampuan akademis yang baik, kesehatan fisik dan mental yang baik.
- Jalur Program Khusus adalah penerimaan calon mahasiswa utusan Instansi Pemerintah Pusat/Daerah, Program Kerjasama dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ULM.
Penerimaan Mahasiswa pada Program Pendidikan Dokter Spesialis diselenggarakan 2 kali dalam satu tahun akademik dilakukan serempak untuk program Regular dan program Khusus, periode pendaftaran adalah sebagai berikut:
Periode Februari
-
- Pendaftaran diselenggarakan mulai Oktober s.d. Desember
- Tes Seleksi dilaksanakan pada bulan Januari
- Mulai Pendidikan Bulan Februari
Periode September
-
- Pendaftaran diselenggarakan mulai Mei s.d. Juli
- Tes Seleksi dilaksanakan pada bulan Juli s.d. Agustus
- Mulai Pendidikan Bulan September
ALUR PENDAFTARAN
-
- Calon mahasiswa mengakses laman admisiprofesi.ulm.ac.id/login, kemudian pilih tombol registrasi dan daftarkan email dan nama di kolom pendaftaran;
- Jika email valid, calon mahasiswa akan mendapatkan email di inbox atau spam berupa password;
- Calon mahasiswa dapat login menggunakan email dan password yang didapatkan, Ketika berhasil login untuk pertama kali, calon mahasiswa akan diminta mengganti password default;
- Calon mahasiswa menginputkan formulir dan berkas yang diminta, berkas yang diminta antara lain :
- Pas Foto Latar Merah 3×4 Terbaru;
- Formulir Pendaftaran;FORMULIR PENDAFTARAN SEPTEMBER 2025
- Daftar Riwayat Hidup (DRH);
- Ijazah (S.Ked dan Profesi);
- Transkrip (S.Ked dan Profesi);
- Perhitungan IP Kumulatif; SURAT PERNYATAAN PERHITUNGAN IP KUMULATIF
- Sertifikat Akreditasi saat peserta lulus Dokter dan saat pendaftaran PPDS FK ULM;
- SK CPNS/PNS/ Perjanjian Kerja; (*Program Khusus)
- Surat Ijin Belajar/Tugas Belajar; (*Program Khusus)
- Surat Rekomendasi bekerja dari Instansi/Rumah Sakit/Swasta
- Surat Keterangan Pertanggungjawaban Sumber Pembiayaan Studi dan atau Surat pernyataan kesanggupan membayar biaya pendidikan di atas materai; FORMAT SURAT KETERANGAN SUMBER PEMBIAYAAN
- Surat rekomendasi dari IDI;
- STR / bukti telah mengurus STR dari KKI;
- SKCK;
- Sertifikat Nilai UKDI;
- KTP;
- Kartu Keluarga;
- BPJS atau Asuransi Kesehatan Lainnya;
- Surat Pernyataan tidak sedang mendaftar ditempat lain (selain PPDS FKIK ULM) dan tidak sedang menjalani pendidikan; SURAT PERNYATAAN TIDAK SEDANG PENDAFTARAN DITEMPAT LAIN
- Surat Rekomendasi dari Dokter Spesialis sesuai program studi yang dipilih; SURAT REKOMENDASI DOKTER SPESIALIS
- Surat Pernyataan Persetujuan Suami/Istri (bagi yang sudah menikah) atau orang tua bagi yang belum menikah; SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN
- Surat Pernyataan dan Surat Keterangan Sehat dengan Pemeriksaan Standar. SURAT PERNYATAAN PEMERIKSAAN
- Syarat khusus masing-masing prodi. (apabila persyaratan jika ada, silahkan upload kertas hvs kosong)
- Jika formulir dan berkas sudah benar, calon mahasiswa dapat memvalidasi formulir dan berkas untuk diperiksa oleh admin admisi. Berkas yang sudah divalidasi calon mahasiswa tidak dapat diedit kembali;
- Jika admin admisi menyatakan formulir dan berkas calon mahasiswa lulus verifikasi, maka calon mahasiswa akan mendapatkan no. billing pembayaran pendaftaran di email masing-masing;
- Dan jika admin admisi mengembalikan berkas yang dikirim harap segera mengirimkan ulang berkasnya sesuai dengan permintaan perbaikan dari sekretariat TKP PPDS apabila permintaan perbaikan dari admin kurang jelas dimohon langsung konfirmasi ke Sektretariat TKP PPDS.
- Proses verifikasi akan dilakukan oleh admin admisi paling lambat 3 x 24 Jam (hari kerja), setelah berkas dikirimkan;
- Dimohon kepada calon mahasiswa selalu mencek secara berkala akun admisi masing-masing;
- Calon mahasiswa diwajibkan langsung membayar tagihan menggunakan NO. BILLING di Teller, Mobile Banking dan ATM BANK BNI, apabila calon mahasiswa tidak membayar pendaftaran sampai batas akhir pendaftaran maka kami nyatakan gagal;
- Tata Cara Pembayaran Pendaftaran PPDS FKIK ULM
- Jika calon mahasiswa sudah membayar, maka admin profesi akan men-generate kartu ujian;
- Calon mahasiswa wajib mencetak kartu ujian di akun masing-masing;
- Calon mahasiswa yang sudah diverifikasi lulus wajib mengirimkan 1 (satu) rangkap berkas pendaftaran ke Sekretariat TKP PPDS FKIK ULM.
Tahap I.
- Pendaftaran
- Proses verifikasi oleh admin admisi
- Cek list Berkas ( Cek Keaslian Berkas, Hasil Cek list berupa surat keterangan keaslian ditanda tangani oleh 3 orang yaitu : prodi, tkp, peserta)
- Pemeriksaan Berkas-berkas dan syarat-syarat administrasi, antara lain:
- Syarat Umum
- Syarat Khusus (Masing-masin Program Studi)
- Rapat Tes Seleksi Tahap I (dihadiri oleh TKP PPDS, KPS dan SPS)
Tahap II.
- Tes PPDS Tahap II yaitu : TPA, TOEFL, MMPI, Tes Kesehatan Nafza
- Penyampaian Hasil Tes ke Prodi Masing-masing
Tahap III.
- Tes Tertulis dan OSCE dan atau Wawancara sesuai dengan Program Studi pilihan
- Rapat Tes Seleksi Tahap II (dihadiri oleh TKP PPDS, KPS dan SPS)
- Pengumuman hasil tes seleksi tahap II dan tes tahap I
Penulis Artikel : Lidya Fitriani, S.Kom